Jumat, 16 November 2012

TUGAS 5


1. Apa bedanya perdagangan internasional dengan pemasaran internasional?

Perdagangan Internasional adalah perdagangan yang dilakukan oleh penduduk suatu negara dengan penduduk negara lain atas dasar kesepakatan bersama. Penduduk yang dimaksud dapat berupa antarperorangan (individu dengan individu), antara individu dengan pemerintah suatu negara atau pemerintah suatu negara dengan pemerintah negara lain. Di banyak negara, perdagangan internasional menjadi salah satu faktor utama untuk meningkatkan GDP. Sedangkan Pemasaran Internasional adalah kegiatan Pemasaran yang melewati batas-batas lebih dari satu negara. Pemasaran Internasional merupakan penerapan konsep, prinsip, aktivitas, dan proses manajemen pemasaran dalam rangka penyaluran ide, barang atau jasa perusahaan kepada konsumen di berbagai negara.


2. Alasan apa setiap negara melaksanakan bisnis internasional?
  • Spesialisasi antar bangsa-bangsa 
          Dalam hubungan dengan keunggulan atau kekuatan tertentu beserta kelemahannya itu maka suatu negara haruslah menentukan suatu pilihan strategis untuk memproduksikan suatu komoditi yang sgtrategis yaitu:
a. Memanfaatkan semaksimal mungkin kekuatan yang ternyata benar-benar paling unggul
   sehingga menghasilkannya secara lebih efisien dan paling murah diantara negara-negara
   yang lain.
b. Menitik beratkan pada komoditi yang memiliki kelemahan paling kecil diantara negara
    negara yang lain.
c. Mengonsentrasikan perhatiannya untuk memproduksikan atau menguasai komoditi yang
    memiliki kelemahan yang tertinggi bagi negerinya.

-Keunggulan Absolute
Suatu negara dapat dikatakan memiliki keunggulan absolut apabila negara itu memegang monopoli dalam berproduksi dan perdagangan terhadap produk tersebut. Hal ini akan dapat dicapai kalau tidak ada negara lain yang dapat menghasilkan produk tersebut sehingga negara itu menjadi satu-satunya negara penghasil yang pada umumnya disebabkan karena kondisi alam yang dimilikinya, misalnya hasil tambang, perkebunan, kehutanan, pertanian dan sebagainya. Disamping kondisi alam , keunggulan absolut dapat pula diperoleh dari suatu negara yang mampu untuk memproduksikan suatu komoditi yang paling murah diantara negara-negara lainnya. Keunggulan semacam ini pada umumnya tidak akan dapat 
berlangsung lama karena kemajuan teknologi akan dengan cepat mengatasi cara produksi yang lebih efisien dan ongkos yang lebih murah.

-Keunggulan komperatif
Konsep keunggulan komparatif ini merupakan konsep yang lebih realistik dan banyak terdapat dalam bisnis internasional. Yaitu suatu keadaan dimana suatu negara memiliki kemampuan yang lebih tinggi untuk menawarkan produk tersebut dibandingkan dengan negara lain. Kemampuan yang lebih tinggi dalam menawarkan suatu produk itu dapat diwujudkan dalam berbagai bentuk, yaitu:
a. Ongkos atau harga penawaran yanglebih rendah.
b. Mutu yang lebih unggul meskipun harganya lebih mahal.
c. Kontunuitas penyediaan (Supply) yang lebih baik.
d. Stabilitas hubungan bisnis maupun politik yang baik.
e. Tersedianya fasilitas penunjang yang lebih baik misalnya fasilitas latihan maupun
     transportasi
  • Pertimbangan pengembangan bisnis
         Perusahaan yang sudah bergerak di bidang tertentu dalam suatu bisnis di dalam negeri seringkali lalu mencoba untuk mengembangkan pasarnya keluar negeri. Hal ini akan menimbulkan beberapa pertimbangan yang mendorong mengapa suatu perusahaan melaksanakan atau terjun ke bisnis internasional tersebut:
a. Memanfaatkan kapasitas mesin yang masih menganggur yang dimiliki oleh suatu
    perusahaan 
b. Produk tersebut di dalam negeri sudah mengalami tingkat kejenihan dan bahkan mungkin sudah mengalami tahapan penurunan (decline phase) sedangkan di luar negeri justru sedang berkembang (growth)
c. Persaingan yang terjadi di dalam negeri kadang justru lebih tajam ketimbang persaingan
    terhadap produk tersebut di luar negeri
d.Mengembangkan pasar baru (ke luar negeri) merupakan tindakan yang lebih mudah
   ketimbang mengembangkan produk baru (di dalam negeri)
e. Potensi pasar internasional pada umumnya jauh lebih luas ketimbang pasar domestic
 
3. Faktor- faktor apa saja yang mempengaruhi bisnis internasional yaitu:
1. Kompetitif : jenis dan jumlah pesaing, lokasi dan kegiatan mereka.
2. Distributif : agen nasional yang tersedia untuk mendistribusikan barang dan jasa.
3. Variabel ekonomi: GNP, biaya buruh perunit, dan pengeluaran konsumsi pribadi yang
                                   mempengaruhi kemampuan perusahaan untuk melakukan bisnis.
4. Sosioekonomi: karakteristik dan distribusi populasi manusia.
5. Politik: elemen politik bangsa spt nasionalisme, bentuk pemerintahan, dan organisasi
                internasional.
6. Sosiokultural: sikap, kepercayaan, pendidikan, dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar